Sabtu, 16 Oktober 2010

Demi 200 Ribu

masih inget sama cerita gue yang judulnya LINTAS KAMPUNG kan ? yaaa gue sih berharap demikian . emm itu cerita kan belum selesai naaahhh inilah kelajutan kisah anak manusia yang sedang berkelana di kampung .

kata temen gue yang namanya GIA MARIS orang yang udah sukses jedotin pala gue ke pundak orang (heuh) kalo gue mau nulis blog itu harus pake tanggal biar yang baca bisa tau kapan kejadian yang gue certain itu . oke Gia , gue ikutin saran lu !

peristiwa ini terjadi sekitar bulan Juli kemaren pas menjelang Puasa. Naaahhh masjid di komplek gue itu emang suka bikin bikin acara yang macem macem. Sebenernya sih gue malas banget ikut kegiatan yang begini beginian . tapi ga tau kenapa gue mendadak kepengan banget ikutan acara itu.

Setelah gue dan temen temen gue begadang buat nyiapin yang dibutuhin , akhirnya akhirnya waktu yang (ngga) kita tunggu tunggu dateng juga . dengan muka yang masih ble’e karena kurang tidur, kita pun berangkat ke masjid, dan ngumpul disana.

Sampe disana kita diharuskan buat ngisi daftar hadir macem dateng ke undangan sunatan. Ironisnya nama gue dan temen temen yang udah berjuang mati matian buat kelompok , taunya kita semua ngga sekelompok ! MAMPUS , PERJUANGAN SIA SIA ! Kita yang ngga mau hadiah yang bakal kita terima (kalo menang) ngga bisa kita bagi bagi, akhirnya dengan gaya ibu ibu lagi adu bacot di tukang sayur minta dilayanin dan dapet diskon belanjaannya , kita semua pun ngoceh ngoceh minta di satu kelompokin. Panitia yang lagi sial harus ngelayanin kita , ngga mau ngabulin permintaan kita . tapi dengan segenap bakat ngebacot yang kita punya buat ngerayu itu ibu ibu malang , akhirnya kita semua sekelompook .

‘’ Ayo ade ade semuanya, kita ngumpul . baris menurut kelompoknya yaa’’ panitia langsung ngasih intruksi ke kita semua. Gue sama kelompok gue yang lagi asiik berpoto poto , jadi langsung bubar jalan dan berkerubung bersama peserta lainnya.

Itu ketua panitia yang tadi ngasih instruksi ngomong panjang sepanjang panjangnya dan males banget gue dengerin. Kata kata yang gue inget bahkan sampe detik ini hanya kata kata ini , “…. Jadi nanti kalau nanjak bilang Allahu Akbar dan kalau turun ucapkan Subhanallah “. Yak asli Cuma satu kalimat itu doang yang gue inget dari omongan bapak bapak yang kotbah sampe setengah jam dan ngga gue liatin atau gue dengerin itu. Seandainya aja tampang dia lebih meremaja dan mirip sama Justin Bieber pasti bakalan gue pantengin dan gue amati dengan saksama. Tapi pada kenyataannya bapak bapak itu lebih mirip sama baju yang belum disetrika. Kusut kusut gemanaaa gitu. (Ooppss maafkan saya paaak !)

Gue sama si Rara lebih milih ngajak ngomong orang orang yang ngga kita kenal buat di ajak kenalan, trus narik perhatian mereka semua biar ngga merhatiin bapa bapa yang ngomong di depan (jahat cekaleeee).

Oke gue sekelompok dengan temen temen absurd gue dan satu orang tambahan yang lagi apes banget harus sekelompok sama kita. Sebelum perjalanan di mulai , kita harus berdoa dulu (biar ngga nyasar) . daaannnnn this the show time ! perjalanannn dimulaaaiiiiii ……

Kata bapa bapa yang tadi kotbah , kita semua harus KOMPAK . daan kelompok gue yang dikasih nama ASMA (Asli , aneh banget , kaya nama penyakit) sama panitia pun mengagung agungkan nama ASMA itu . awalnya sih kita sempet protes dikasih nama itu , yaiyalah gimana engga , kelompok yang lain namanya bagus bagus, kaya AISYAH, FATIMAH, dan lain lain , naah kita… ASMA ! itu kan nama penyakit bengek !
ehhhh tapi ternyata selidik punya selidik, usul punya usul, ayah punya ibu, kakek punya nenek, kitanya aja yang goblok stadium akhir . sebenernya ASMA itu adalah nama orang yang solehah yang hidup di zaman Rasulullah. Waaaaaw .
Oke kembali ke perjalan lintas kampung gue dan teman teman . di perjalanan itu kita nyanyiin yel – yel yang kita bikin semalem . berasa jadi artis yang diarak keliling kampung , pas kita lagi nyanyiin yel yel yang lagunya hampir sealbum (poto) itu , kita diliatin sama bocah bocah di jalan menuju kampung . sumpah malu maluin abeeesss.



Naaahh akhirnya kita nyampe di POS 1 . di pos ini kita harus nyanyiin yel yel seHOT mungkin biar dapet nilai kekompakan (dan ketidakwarasan) yang tinggi . abis kita nyanyi nyanyi dengan suara yang lantang , keras , dan rupawan, kita langsung di kasih tugas . dan tugasnya adalah : masukin paku ke dalem botol. Kedengarannya sih emang ga susah susah amat , tapi silahkan anda coba sendiri, permainan ini :

1)Ikat paku ke 6 tali rapia
2)Ikatkan tali rapianya ke badan anda . ingat ! jangan ikat di leher , karena dapat membahayakan nyawa anda !
3)Siapkan 1 orang instruktur untuk memberi instruksi kepada anda anda yang di ikat badannya .
4)Bersiaplah dan rasakan sensainya !

“FIKAAAAA LUU MAJUUUU !” si rara ngasih aba aba dengan gigihnya .

“ OKE RA ! “ gue pun nurut aja sama omongan si rara .

“ NAAAHH NAAAHH FIKAAA , TAHAN TAHAAN LU KAYA GITU AJA POSISINYA , JANGAN GERAK GERAK LAGI ! ” dan lu tau posisi apakah yang saat itu gue rasakan ? yaitu badan bongkok kedepan , dengan posisi setengah jongkok ! anjriiitt , sumpah posisisnya gaenak banget !

“ HAH GILA, SAKKIT KALI RAAA ! MASA GA GERAK GERAK ? !”

“ KALO LU GERAK , PAKUNYA GA AKAN MASUK KE BOTOL KALII FIIIKKK , UDEEH KAYA GITU AJAA ! “ si rara lebih mentingin nasib pakunya ketimbang nasib sahabatnya ini yang notabene adalah manusia, bukan karet gelang yang bisa di plintat plintutin sesuka hati .

“ haaahhhh OKELAH !” demi hadiah 200ribu gue relaaaa pinggang gue hampir lepas.

Bermenit menit kemudiaan…

“YEAAAAAAYYY MASUUUUUKKK !” si Rara kegirangan .

“ ALHAMDULILLAAAAAAHHHHHH AKHIRNYAAAA PENDERITAAN GUE SELESE DAN PINGGANG GUE GA JADI COPOT ! “

Dan setelah penderitaan-pinggang-hampir-lepas itu berakhir, gue dan kelompok gue langsung minggat dan datengin pos 2 yang pasti udah nggga sabar mau ngeliat wajah anggun nan jelita dari anggota kelompok ASMA ini. Unyuunyunyunyunyuuuu




Sampe di POS 2 , kita harus nyanyiin yel yel kita lagi. Dan dapet tugas buat jalan ditanjakan jurang dengan mata ditutup sambil berpegangan tangan kaya main kereta keretaan. weew.

Di POS ini kita ketemu juga akhirnya sama guru ngaji kita , Bu Tia.
Ibu yang baik itu pun langsung nyemangatin kita dan nyuruh kita menang , trus ngasih sapu tangan buat nutup mata .

“ Oke ra, kaya tadi aja , lu ngasih aba aba .”

“SIP !”

“ KALIAN SIAP ? “ kata panitianya.

“OKE !” kita semuanya nyautin.

Oke dimulaaaiiiii ! ! !

“ NAIIK NAAAIIKK , KE KANANNNN KANAAANNN , JANGAN KE KIRI , SALAH LANGKAH DIKIT , SAMPING LU SEMUA JURANG ! “ kata rara sang instruktur.

“ HAAAHH ! “

“IIHHHHHH KE KANANNN BEGOO KANAANNNN , LU JANGAN GERAK KE KIRIII , NTAR KITAAA MASUP JURAAANG ! “

“ INI JUGA GUE KE KANAN KALIIII ! SANTAI AJAAA DOONG ! “

“ ASTAGAAAAAA , LU SEMUA YAAANGG BENER DOOOONG ! JANGAN MARAH MARAAH AJAAA ! “

‘’ AHHHH SETAAAAN ! JANGAN TARIK TARIK GUE. INGET, SAMPE GUE KEPELESET LU SEMUA IKUTAN KEPELESET JUGA !”

“MAKANYA LU JALANNYA YANG BENER ! JANGAN MELENCONG MELENCONG ! LURUSS DOONG ! LURUUUUUSSSSS ! “

“NAAHHH, ELU SEMUA JUGA JANGAN TARIK TARIK GUEEE BEGOOOO ! NANTI KITA SEMUA MASUP JURANG BERJAMAAH ! MAU LU HAH !’’

“ NAJISSSSS, YA NGGA LAAAH , OGAAAAHHHH ! ! “

“ AHH LUU BAWEEL ! UDAAH IKUTIN APA KATA GUE AJAAAA ! “

Yaaakk , bacotan itu pun terlontar begitu ajaa . entah siapa aja yang ngomong . tapi gue rasa sih semuanya kebagian dengan adil dan rata buat ngomong kaya gitu.

Ahh akhirnya nyampe. Pas udah nyampe barulah kita mengucapkan ‘ALHAMDULILLAH’ . sedangkan dari tadi yang kita omongin adalah kata kata yang harusnya disensor. Padahal acara itu adalah acara remaja ISLAM bukan acaranya PREMAN PASAR.

Di POS 3 , kita dapet tugas buat mengetes pengingatan .

“ oke silahkan diliat dalemnya apaa .” kata ibu panitia yang terhormat.

“okelaah .” nada pasrah bin kecapean karena di POS 2 pun mulai terdengar.

Nampan tempat secret thingsnya pun di buka. Kita semua ngafalin ada apa aja isinya , warnanya, dan jumlahnya ada berapa. Beberapa detik doang itu nampan di buka, udah di tutup lagi.

“yaa, waktunya abis , sekarang kalian tulis ada benda apa aja , warna apa aja dan jumlahnya ada berapaa. cepat !” ibu panitia yang terhormat ngasih instruksi lagi.

“BURUUUAAAANNN BURUUAAAN APA AJA YANG LU SEMUA INGET OMONGIN SEKARANG JUGA ! “

“ CABE CABEEE CABEEE ! ‘’

“OKE , ITU CABE KERITING , CABE GEDE, APA CABE RAWIT ? ‘’

‘’ AHHH RIBET LOOOO, UDEEHH TULIS AJAA C aca B ebe E, CABE !”

“PULPEEEN !’’

‘’LEMM LEMMM ! ‘’

‘’ehh ehh kalo yang kecil kecil itu lada apa ketumbar ?’’

“ AHHH GUE GA TAUUU , UDEHH TULIS AJA , LADA GARIS MIRING KETUMBAR ! “

“YAA NGGAAAA BISAA BEGOOO , LO PIKIR ITU SOAL PILIHAN GANDA PAKE ADA PILIHANNYA ! JANGAN NGACO DEHH ! INGAAAAT DUA RATUS RIBUUU ! DUA RATUS RIBUUU ! JANGAN NGACOO !
“ yaak dua ratus ribu adalah hal yang akan kita dapat (kalo menang).

“ UDAAHH DEUUH TULIS AJA LADAAA ! BURUUUAN !”

“ TRUS ADA APA LAGI ?’’

“ KACAANG ! “

“ITU KACANG APA YANG LU LIAT ? KACANG TANAH , KACANG MERAH , APA KACANG IJO ?’’ oke sekali lagi kita berada dalam pilihan yang goblok.

“ UDAH DEUH KACANG IJO AJA !’’

“OY, ITU JUMLAH BENDANYA ADA BERAPA ?’’ tiba tiba ada suara yang menyadarkan omongan kita semua.

“ 26 !’’ spontan , langsung ada yang nyautin.

“ HAH ? 26 ? ! COBA LU PADA ITUNG YANG KITA SEBUTIN DARI TADI CUMA ADA 16, 10 LAGI APAAAAANNNNN ? WAAAAA’’

Malang. Ngga ada yang inget apa apa lagi.

Ahhh yasudaahlaahhh . T.A.K.D.I.R



Akhirnya kita sampe juga di garis finnish. Sumpaah cape ABIISSS ! daaann tibalaah waktunya pengumuman pemenang lomba !

Kita yang udah kepedean , belagu pura pura gamau denger pengumuman pemenangnya karena kita udah yakin dengan sepenuh hati dan segenap jiwa raga kalo kita bakalan menang. Tapi TUHAN berkata lain , yang kita dapatkan adalah MENANGgung MALU ! Anjriiiit kitaa KALAAAH ! UDAH SUSAH PAYAH , PENUH PERJUANGAN MATI MATIAN , TERNYATAAAAAA KITAAA KALAAH !

Menurut gue dan kelompok gue , hal yang bikin kita kalah adalah saat di POS 2 . seperti yang dikatakan pak ketua panitia “…jadii kalo nanjak, bilang ALLAHU AKBAR , kalo turunan bilang SUBHANALLAH” . sedangkan saat tanjakan dan turunan itu , kita malah bilang SETAN, BEGO , dan kawan kawannya. Gimana juga kita mau menang.

Dan saat itu dikepala gue terlintas kata kata “Dengarkanlah ketika ada orang yang lagi ngomong, karena jika tidak rasakan sendiri sensasinya !”

1 komentar:

  1. halo fika,panjang bnget ceritanya,n lucu zch..?eh follow ke blog saya ya..?ntar aku follow balik ke blog kamu...ok

    BalasHapus